Tentang DOKAR
Dimulai dari tahun 2003 kami
berkecimpung di bidang usaha bakery dengan produk utama donat dan roti, terciptalah
DOKAR (Donat Bakar) pada bulan April 2008, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
akan makanan praktis, enak, berkualitas, halal dan terjangkau bagi seluruh
lapisan masyarakat. Dengan menggunakan konsep Kemitraan untuk pengembangan
usaha sekaligus memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk memulai
usahanya sendiri dengan bermitra bersama kami. Sekalipun baru namun kami yakin
Insya Alloh Donat Bakar akan menjadi salah satu dari sekian banyak Bisnis
Makanan yang akan berkembang dan ikut meramaikan Bisnis Makanan di Indonesia.
Latar Belakang
Perkembangan bisnis di dunia
sangatlah spektakuler. Di Indonesia sendiri perkembangan Bisnis sangat pesat
seiring dengan meningkatnya minat & kesadaran masyarakat untuk memiliki
usaha sendiri. Jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar membawa potensi yang
sangat baik akan pertumbuhan Bisnis Kemitraan ini, terutama di sektor pangan.
Berdasarkan alasan itulah Donat Bakar didirikan dan dikembangkan. Kami akan
berusaha membantu para Mitra agar sukses dan secara aktif mendukung gerakan
ekonomi mandiri dengan memulainya dari diri sendiri dan dari saat ini. Kami
menjamin bahwa Konsep Bisnis ini akan sangat menarik bagi mereka yang
mengharapkan untuk memulai dan memiliki Bisnis mereka sendiri. Kami akan membimbing
anda untuk mencapai Bisnis impian anda dengan menyediakan seluruh peralatan
lengkap dan training tentang Teknik Operasional bagaimana mengatur Bisnis anda
agar sukses.
Konsep Bisnis dengan strategy 7P
Konsep Bisnis yang kami terapkan
adalah Bisnis Kemitraan. Donat Bakar menawarkan peluang bisnis dibidang makanan
siap saji, yang dapat memberikan return yang tinggi. Bisnis ini sangat cocok
bagi anda yang ingin memulai usaha sendiri dengan cepat karena mudah untuk
dikelola. Kami juga akan membantu para Mitra Bisnis agar dapat mengembangkan
usahanya dengan baik tanpa perlu memiliki pengalaman tertentu sebelumnya.
1.Product ( produk )
Product adalah segala sesuatu (
barang atau jasa ) yang ditawarkan kepada masyarakat untuk mendapatkan
perhatian, pembelian, atau dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan dan keinginan
masyarakat. Siapa yang tak kenal donat? Makanan berbentuk bulat dan biasanya
ada lubang di tengahnya ini cukup dikenal banyak orang, mulai dari anak-anak
sampai orang tua. Donat merupakan makanan yang sedang trend saat ini. Sangat
diminati sebagai makanan pengganti nasi di Indonesia. Dengan citarasa yang
khas, banyak orang mulai menjadikan donat sebagai makanan favorit mereka dan
menjadi pelanggan fanatik gerai-gerai donat di Indonesia. Dan salah satunya
adalah di Donat Bakar. Sementara ini kami baru mengeluarkan 30 variasi rasa dan
akan terus berinovasi dengan rasa-rasa yang spektakuler.
Gambar Product Donat
Bakar
2. Prince
Price adalah sejumlah uang yang
harus dibayar konsumen untuk mendapatkan sebuah produk atau jasa. Atau dapat
juga diartikan sebagai nilai tukar untuk memperoleh keuntungan dari produk atau
jasa yang dibutuhkan. Harga merupakan salah satu variable marketing mix yang
bersifat fleksibel, terkadang bisa stabil dalam beberapa waktu dengan harga
tertentu namun bisa juga tiba – tiba meningkat atau turun tajam disesuaikan
degan kondisi permintaan pasar. Harga Donat bakar yang ditawarkan bervariasi
sesuai dengan macam-macam rasa donat yang dibuat, donat didapatkan dengan harga
dari Rp 2500 – Rp 5000.
3. Place ( tempat )
Place merupakan kegiatan bisnis
untuk membuat produk atau jasa yang ditawarkan lebih mudah terjangkau oleh
konsumen, dan dapat tersedia pada sasaran pasar yang tepat. Variabel tempat
juga meliputi saluran distribusi untuk menjangkau konsumen yang tersebar luas.
Sehingga beberapa perusahaan membuka kantor cabang di daerah – daerah untuk
memudahkan konsumennya.
TARGET LOKASI OUTLET Donat Bakar
1. Sekolah
2. Pasar
3. Rumah Sakit
4. Kantin
5. Mini Market
6. Pusat
Perbelanjaan
7. Children Games
Area
8. Tempat Hiburan
dan Rekreasi
9. Terminal,
Stasiun dan lain-lain
4. Promotion ( promosi )
Promotion adalah kegiatan untuk
memperkenalkan suatu produk atau jasa pada pasar sasaran, untuk membangun
persepsi pelanggan mengenai produka atau jasa yang ditawarkan. Konsep promosi
yang biasa digunakan antara lain advertising, public relation, sales promotion,
personal selling, serta direct marketing. Dalam membantu meningkatkan dan
mempromosikan penjualan product Donat Bakar ini dibantu dengan promosi iklan di
internet khususnya pada jejaring sosial Facebook dan promosi pada personal
selling.
5. Process ( proses )
Process adalah serangkaian
tindakan yang diperlukan untuk memberikan produk atau jasa dengan pelayanan
yang terbaik kepada konsumen. Suatu proses bisa berisi tentang metode atau
prosedur yang diberlakukan untuk memperoleh produk yang dibutuhkan
konsumen. Proses pelayanan yang cepat
yang dilakukan oleh tenaga karyawan Waralaba Donat Bakar dan keramahan karyawan
memberikan nilai lebih konsumen yang membeli product tsb serta kualitas bahan
baku yang telah terstandarisasi dan jaminan prouct HALAL sudah menjadi hak
paten nya.
6. People ( orang )
People adalah semua orang yang
terlibat dalam kegiatan memproduksi produk serta memberikan pelayanan produk
kepada konsumen. Orang yang memproduksi dan memasarkan suatu produk juga
memiliki penilaian dimata konsumen. Sumber daya manusia yang ikut serta dalam
kegiatan produksi ini merupakan orang-orang pilihan yang sebelumnya sudah di
uji dengan kriteria sebagai berikut :
- Idealnya pegawai tinggal tidak jauh dari lokasi, maksimal 1 kali naik kendaraan umum.
- Kerabat dekat atau yang di kenal. Pria, amanah, pekerja keras, berpenampilan baik dan sopan.
- Memiliki sikap yang baik dalam melayani (ramah) dan mudah bergaul.
- Pendidikan min. SMP.usia minimal 17 tahun.
7. Physical evidence ( bukti fisik )
Physical evidence adalah
perangkat – perangkat yang dibutuhkan untuk mendukung penampilan suatu produk,
sehingga memperlihatkan secara langsung kualitas produk serta pelayanan yang
diberikan kepada konsumen.
FASILITAS :
- 1 Unit Counter
- 2 Daftar Menu dan harga
- 1 Lampu Penerang
PERLENGKAPAN MASAK :
- 1 Unit Kompor Gas 1 tungku
- 2 Pcs Capitan
- 1 Pcs Parutan Keju
- 16 Pcs Kotak Sealware Besar
- 9 Botol Selai
- 1 Unit Tabung Gas 3 Kg
- 1 Pcs Selang dan Regulator
- 1 Pcs Grill Pan
- 100 Pcs Kemasan Donat
- 100 Pcs Cup Kertas
- 100 Plastik Kresek
- 1 Pcs Kuas
- 2 Pcs Lap
BAHAN BAKU :
- 100 Donat
- 500 gram Cocholate Glaze
- 500 gram Strawberry Glaze
- 500 gram Cappucino Glaze
- 500 gram Tiramizu Glaze
- 500 gram Meses Choco
- 500 gram Meses Pinky
- 500 gram Meses Milky
- 500 gram Meses Pelangi
- 300 gram Selai Strawberry
- 300 gram Selai Blueberry
- 300 gram Selai Vanilla
- 300 gram Selai Durian
- 300 gram Bumbu Gula Sweety
- 300 gram Bumbu Jagung Bakar
- 300 gram Bumbu Sambal Balado
- 300 gram Bumbu Sapi Panggang
- 300 gram Kacang
- 200 gram Kismis
- 200 gram Choco Chip
- 200 gram Keju
- 100 gram Abon Sapi
- 300 gram Saos Tomat
- 300 gram Saos Sambal
- 300 gram Mayonaise
- 10 Sosis Sapi
- 10 Daging Burger
Strategy
¨ Segmentasi Yang
Kita Pilih Demografis & Psikologis.
Yaitu Kelas meengah kebawah.
¨ Semua jenis kelamin
dan usia ( kecuali Balita).
Target
1. Sekolah
2. Pasar
3. Rumah Sakit
4. Kantin
5. Mini Market
6. Pusat
Perbelanjaan
7. Children Games
Area
8. Tempat Hiburan
dan Rekreasi
9. Terminal,
Stasiun dan lain-lain
Positioning
¨ Inovasi dan
Follower
Dalam arti mengembangkan produk yang sudah ada seperti
dunkin donut, akan tetapi proses pembuatan nya lebih unik.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar